Kisah Tempayan yang Retak

krug-366739_640

Pada suatu ketika di Cina ada seorang wanita tua yang memilik dua tempayan, yang dipikulnya di pundak dengan sebatang bambu. Satu tempayan itu retak, sementara tempayan lainnya tanpa cela dan selalu memuat air yang penuh. Namun di akhir perjalanan panjang dari sungai ke rumah sang perempuan tua, tempayan yang retak hanya tinggal berisi air setengahnya.

Dua tahun lamanya hal ini terjadi setiap hari: perempuan tua itu selalu hanya membawa pulang air berisi satu setengah dalam tempayan-tempayannya.
Tempayan yang tanpa cela tentu saja sangat bangga akan prestasinya. Namun tempayan yang memiliki retak malu akan cacadnya dan merasa sedih, karena ia hanya dapat mencapai separuh dari tujuan untuk apa ia dibuat.

Setelah dua tahun berselang yang baginya seperti kegagalan tanpa akhir, tempayan itu berkata kepada sang perempuan: “Saya begitu malu karena retak yang saya miliki, dimana di sepanjang jalan ke rumahmu selalu air bocor dari situ.“ Perempuan tua itu tertawa: “Apakah kamu memperhatikan, bahwa pada sisi jalanmu bunga-bunga bermekaran, tapi di sisi jalan tempayan yang lain tidak? Saya telah menanam bibit-bibit bunga di jalur jalanmu, karena saya menyadari keistimewaanmu. Sekarang kamu menyiraminya setiap hari, ketika kita berjalan pulang. Dua tahun lamanya saya dapat memetik bunga-bunga yang indah ini dan menghiasi meja dengannya. Bila kamu dulu tidak demikian, seperti kamu apa adanya, keindahan ini tidak akan eksis dan menganugerahi rumah kita.“

(Kisah bijak dari Asia, penulis tidak dikenal)

Masing-masing dari kita memiliki kebisaan dan kelemahan yang khusus, tapi itu adalah kelemahan dan retak-retak yang membuat hidup kita menjadi begitu menarik dan berharga. Orang sebaiknya menerima setiap orang seperti apa adanya dan melihat kebaikan pada mereka masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s