Heavenletter – Jadilah Tuan Rumah Yang Ramah

reed-546250_640

Heavenletter #5766 via Gloria Wendroff: Be a Gracious Host

Tuhan berkata:

Adalah ide yang mulia bagi kalian untuk menginginkan kedamaian dan membiarkan kebahagiaan untuk tiba atas minatnya sendiri. Itu adalah tanpa usaha atau tanpa susah payah. Apakah saya sudah menyarankan ini kepada kalian sebelumnya?

Dengan berusaha, kalian mungkin berjuang untuk membuat kalian rileks dan tidak mengikat kebahagiaan dari sebuah jaring yang mungkin sudah kalian lemparkan untuk memenjaranya?

Kalian dapat begitu intensif untuk menjadi bahagia, ibaratnya kebahagiaan memiliki utang kepada kalian, sebegitu banyak sehingga kalian mungkin menghalau kegembiraan sepertinya kegembiraan menjadi sebuah tugas, suatu kewajiban dan mungkin kalian menghujat Hidup yang menjatuhkan kalian, dan/atau kalian tidak puas dengan diri kalian sendiri karena tidak meraih hasil yang diinginkan.

Bila kalian mencoba mendesak kebahagiaan, kalian juga memaksa diri kalian sendiri. Saya tidak berpikir kebahagiaan memiliki kemampuan untuk datang kepada kalian melalui paksaan. Bila dengan kebahagiaan yang layak diperoleh, kalian berpendapat bahwa kebahagiaan HARUS datang dan tinggal bersama kalian, kalian melepaskan diri kalian sendiri dari kebahagiaan. Terlepas dari seberapa berharganya kalian, kebahagiaan tidak berhutang kepada kalian satu sen pun. Kebahagiaan tidak dapat ditekan atau dipaksa, atau diperas dari hidup untuk kalian. Kebahagiaan memilih untuk datang kepada kalian, dan kalian ada untuk memilihnya.

Itu tampaknya seperti kebahagiaan bukan sesuatu yang dicapai. Kebahagiaan dan lawannya, ketidakbahagiaan, ada pada suatu skala, dan itu kemungkinan besar kalian mengasosiasikan nilai kalian menurut apa yang kalian ukur pada skala kebahagiaan. Ketika Hidup menghadiahi kalian, kalian bahagia. Ketika Hidup tidak menghadiahi kalian seperti apa yang kalian harapkan, kalian mungkin merasa bahwa Hidup sedang menghukum kalian, dan kalian menjadi tidak bahagia dan sedih dan penuh kekecewaan.

Keinginan kalian akan kebahagiaan, dapat menjadi seperti suatu keinginan turun berat badan. Kalian melakukan diet sepenuhnya dengan tujuan menurunkan berat badan. Keinginan yang besar ini dapat berkurang sebagai keinginan melainkan menjadi determinasi/keputusan untuk sukses. Selain kata determinasi/keputusan kami dapat mengganti kata-kata – keinginan kalian. Itu adalah keinginan kalian untuk sukses. Ketika itu menjadi melakukan diet dan mungkin tiba pada kebahagiaan, kalian dapat goyah. Tujuan kalian dapat membuat kalian hilang, dan kalian tidak mengikuti diet kalian sendiri.

Lebih baik membiarkan munculnya kebahagiaan menjadi kejutan bagi kalian. Biarkan kebahagiaan terbang kepada kalian. Ketika kalian mengantisipasi kebahagiaan, itu mudah untuk mengharapkannya, memintanya, mengukuhkannya, sehingga justru mendorong pergi kebahagiaan yang begitu kalian inginkan. Setiap orang telah mendengar ekspresi: “Kamu sedang berusaha terlalu keras.” Ketika kalian mencoba terlalu keras, kalian dapat menghempas dan memukul kebahagiaan dan sebaliknya justru meraih ketidakbahagiaan.

Membawa kebahagiaan ke sisi kalian – mengundangnya, menyambutnya, membuatnya berani, mengupayakannya, menghargainya, mencintai gagasan itu – adalah satu hal. Memerintah adalah seperti seorang sergeant di angkatan laut yang mungkin berteriak kepada kebahagiaan, menggonggongi (membentak-bentak) kebahagiaan, tidak dapat hidup tanpa percikan api kebahagiaan adalah suatu cerita lain.

Ijinkan kebahagiaan menjadi seorang tamu, yang mana kalian gembira ia telah mengunjungi kalian. Segera setelah kalian memberi komando kepada kebahagiaan untuk datang dan tinggal, ia kabur dari kalian. Ijinkan kebahagiaan untuk datang sesuai minatnya sendiri. Sambutlah kebahagiaan setiap saat ia datang. Kebahagiaan bukanlah pemilik utang. Jadilah tuan rumah yang ramah. Apa lagi yang dapat kalian lakukan? Kalian paling pasti tidak dapat menyimpan kebahagiaan seperti seorang tahanan.

Kalian mungkin menolak kebahagiaan. Lepaskan penolakan terhadap kebahagiaan. Di sisi lain, jangan memegang terlalu erat kebahagiaan. Kebahagiaan tidak ingin untuk ditangkap dan disita seperti halnya kalian.

Biarkan kebahagiaan memberi skala penuhnya sendiri dalam pemberiannya kepada kalian.

http://www.heavenletters.org/be-a-gracious-host.html

Ditemukan dan diterjemahkan kosmosindo dari Sumber http://goldenageofgaia.com/2016/09/08/be-a-gracious-host/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s