Tiga Saringan – Kebenaran, Kebaikan dan Kepentingan

14445976_618048881688968_4499127248536065980_n

Pada suatu hari Socrates sedang berjalan menyusuri kota Athena. Tiba-tiba datang seorang pria dengan tergopoh-gopoh kepadanya. Socrates, saya harus menyampaikan sesuatu kepadamu. Teman saya, yang… Tunggu dulu, pungkas Socrates memutus pembicaraan pria tersebut. Sebelum kamu melanjutkan ceritamu, apakah kamu sudah menyaring cerita yang akan kamu sampaikan kepada saya melalui tiga saringan? Tiga saringan? Tiga saringan yang mana? tanya pria itu dengan terkejut. Mari kita mengkajinya, usul Socrates. Saringan pertama adalah saringan Kebenaran. Apakah kamu yakin, bahwa apa yang akan kamu ceritakan kepada saya itu benar? Tidak, saya hanya mendengar seperti apa yang diceritakan oleh orang lain. Aha. Tapi itu tentu sudah melalui saringan kedua, saringan Kebaikan? Apakah itu sesuatu yang baik yang akan kamu ceritakan kepada saya? Ragu-ragu pria itu menjawab: Tidak, itu bukan. Sebaliknya…Hm, kata Socrates, sekarang kita tinggal memiliki saringan ketiga. Apakah itu penting, dimana kamu menceritakannya kepada saya? Tidak, sebenarnya tidak, jawab pria tersebut. Tapi… Sekarang, kata Socrates sambil tersenyum, jika cerita yang akan kamu sampaikan kepada saya itu tidak benar, tidak baik dan tidak penting, lebih baik lupakan saja itu dan jangan mengganggu saya dengan itu!

*Socrates adalah filsuf/cendekiawan Yunani

Ditemukan dan diterjemahkan kosmosindo dari sumber https://www.facebook.com/ConnyKoppersEngelmedium

Leave a Reply

