Menjelang Kolaps: Clinton Foundation Merumahkan Karyawan Ketika Sumbangan Mengering

s-2-696x365

Clinton Foundation dibentuk dengan tujuan mendukung ambisi-ambisi dari Mrs Clinton, yang memainkan peran aktif selama kampanye. Sekarang di mana donasi-donasi mengering, demikian juga peluang-peluang ketenagakerjaan langsung terhempas.

Oleh Amanda Flavio

Pada tahun 1997, yang kala itu adalah Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, mendirikan Clinton Foundation. Yayasan ini mengklaim untuk memperkuat kapasitas orang-orang di seluruh dunia untuk menghadapi tantangan saling ketergantungan global.
Meskipun yayasan didirikan oleh Mr Clinton, istrinya Hillary dan putri mereka Chelsea, keduanya telah menemukan cara masuk di dalam yayasan tersebut.

Selama masa pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2016, yayasan itu berada di bawah pengawasan ketat publik ketika outlet media anti-kerahasiaan, WikiLeaks mulai mempublikasikan rahasia-rahasia organisasi tersebut. Link yayasan dengan pemerintahan asing dan perusahaan multinasional mendukung kelompok-kelompok ekstremis di Timur Tengah, demikian juga bisnis dengan pemberontak untuk mendestabilisasi negara-negara di Afrika Timur dan Afikat Tengah, dibawa ke perhatian publik oleh WikiLeaks.

Singkatnya, bocoran-bocoran WikiLeaks menunjukkan Clinton Foundation tidak pernah bekerja untuk membantu orang. Ini adalah organisasi pencari keuntungan murni yang didirikan oleh Clinton dan keluarganya untuk memperkaya diri mereka sendiri dengan mengorbankan orang-orang yang lemah di seluruh dunia. Selama kampanye presiden, yayasan itu meminta dana, untuk membantu mendudukkan Nyonya Clinton di Gedung Putih.

Bahkan, beberapa pengamat bahkan percaya yayasan ini sengaja dibentuk untuk mendukung ambisi kepresidenan dari Mrs Clinton. Yayasan ini memainkan peran aktif selama kampanye. Pemerintah-pemerintah asing dan perusahaan-perusahaan besar menyumbangkan dana untuk membantu Nyonya Clinton memenangkan kursi kepresidenan. Transaksi-transaksi “membayar-untuk-bermain (pay-to-play)” yang terjadi sementara Nyonya Clinton baik sebagai warga negara sipil sekaligus Menteri Luar Negeri Amerika Serikat adalah contohnya.

Raja Maroko dilaporkan “menyumbangkan” 12 juta dolar untuk Clinton Foundation dengan imbalan pertemuan dengan Hillary Clinton, yang akhirnya menghasilkan transaksi senjata bernilai 157 juta dolar bagi monarki Afrika tersebut hanya beberapa bulan kemudian.

Sebelum pemilu, pemerintah-pemerintah Arab Saudi, Australia dan Norwegia semua memberi kontribusi uang dalam jumlah besar untuk yayasan guna membantu mengamankan kursi Gedung Putih dari Mrs Clinton. Misalnya, antara tahun 2007 dan 2013, Norwegia menyumbang sekitar 5 juta dolar per tahun untuk yayasan itu. Namun, ketika keputusan Mrs Clinton untuk mencalonkan diri sebagai presiden akhirnya dikonfirmasi, sumbangan Norwegia meningkat secara signifikan menjadi 15 juta dolar tahun 2014 dan 21 juta dolar pada tahun 2015. Kami tidak memiliki ruang untuk masuk ke rincian dari Arab Saudi dan Australia. Itu besar dan mengerikan.

Tapi ketika Nyonya Clinton kalah dalam pemilihan, semua sumbangan ini menurun dengan cepat. Norwegia memotong kontribusinya hampir 87%, kurang dari separuh kontribusinya pra-pemilihan umum. Pemerintah Australia telah menolak untuk memperbaharui kemitraan-kemitraannya dengan yayasan tersebut. Donor-donor perusahaan lainnya, seperti Samsung dan ExxonMobil, juga sepenuhnya memutuskan ikatan mereka dengan yayasan itu.

Di tengah anjloknya sumbangan-sumbangan, Clinton Foundation telah menyampaikan untuk meregulasi bahwa (yayasan) itu merumahkan sebagian pekerjanya. Clinton Global Initiative (CGI), sub-badan dari yayasan itu telah resmi mengajukan WARN – Pemberitahuan Penyesuaian Pekerja dan pelatihan kerja ulang – dengan Departemen Tenaga Kerja New York, mengumumkan bahwa, secara efektif tanggal 15 April 2017, (yayasan) itu akan menutup pintu dan memberhentikan 22 karyawan. WARN juga mengungkap bahwa yayasan itu secara sepenuhnya tidak melanjutkan benar-benar CGI.

Harian The New York Observer melaporkan bahwa pemutusan hubungan kerja dan tidak berlanjutnya CGI membuktikan pengaruh organisasi itu didasarkan pada akses donor kepada para Clinton, bukan kerja filantropisnya.

CGI menggambarkan dirinya sebagai “jaringan” tambahan untuk Clinton Foundation. Bahkan, CGI adalah badan utama di yayasan yang telah diduga para pengamat, mereka mempengaruhi dan menjajakan skema untuk memperkaya para Clinton. Menurut salah satu rahasia-rahasia yang dipublikasikan oleh WikiLeaks, co-founder dari CGI, Doug Band, menulis dalam sebuah email kepada seorang rekan memerinci bagaimana bekerjanya skema “membayar untuk akses” bagi yayasan itu. Bahkan media yang mewakili Clinton, The Washington Post, tidak bisa membantu melainkan melancarkan serangan terhadap yayasan itu setelah dokumen-dokumen rahasia top dibocorkan oleh WikiLeaks.

“Memo tersebut, dibuat publik Rabu [26 Oktober] oleh kelompok anti-kerahasiaan WikiLeaks, memaparkan strategi agresif di belakang barisan kontrak-kontrak konsultasi dan pembayaran ceramah-ceramah untuk Bill Clinton yang menambahkan puluhan juta dolar bagi keuntungan keluarga tersebut, termasuk selama tahun-tahun di mana Hillary Clinton memimpin Departemen Luar Negeri AS. Ini menggambarkan bagaimana Band membantu menjalankan apa yang disebutnya ‘Bill Clinton, Inc.’, meliputi ‘berbagai bentuk layanan untuk Presiden dan keluarganya – untuk perjalanan pribadi, akomodasi hotel, liburan-liburan dan sejenisnya’,” tulis The (Washington) Post dalam sebuah editorial.

Ini menandai hari-hari terakhir bagi para Clinton. Tapi ada rumor di antara para komentator politik bahwa Chelsea, juga memiliki ambisi politik. Sampai ia muncul, kita tidak bisa mengatakan banyak tentangnya. Semua yang bisa kita lakukan adalah menunggu dan melihat.

Artikel ini (Imminent Collapse: Clinton Foundation Lays Off workers as Donations Dry Up) aslinya dipublikasikan pada  http://anonhq.com/ dan disusun kembali oleh The Event Chronicle

Diterjemahkan kosmosindo dari sumber http://www.theeventchronicle.com/news/north-america/imminent-collapse-clinton-foundation-lays-off-workers-donations-dry/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s