Yang Tertinggi Yang Bisa Kamu Berikan

child-playing-380312_640

The highest you can give (Dari Seri Morning with Jeshua)
Yeshua disalurkan oleh Pamela Kribbe

Teman-teman sayang,
Saya Yeshua. Saya telah mewakili sebuah energi baru di bumi, yang merupakan energi Kristus. Itu adalah sejenis energi atau kesadaran yang mengetahui/mengakui keesaan bagi segala hal dan semua orang. Itu adalah energi keterhubungan, yang membawa keesaan kembali ke bumi. Tujuan saya saat itu dan sekarang adalah untuk memperoleh kembali rasa memiliki di antara semua makhluk yang hidup di bumi, kuncinya adalah hati. Hati menghubungkan. Hati adalah tempat di mana kalian dapat pulang ke Rumah. Merasa berada di rumah ada kaitannya dengan menjadi terhubung, terhubung ke dalam diri kalian sendiri yang terdalam. Diri terdalam kalian adalah selalu terhubung dengan keseluruhan.

Apa keseluruhan itu tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Kalian dapat berbicara tentang alam semesta atau kosmos, tapi keseluruhan bukanlah suatu benda atau entitas. Keseluruhan adalah sumber keberadaan yang tidak dapat dikatakan, sebuah alam dari probabilitas tidak tentu. Masing-masing kehidupan individu memiliki tempatnya sendiri yang khusus dalam keseluruhan. Semua dari kalian adalah bagian dari keseluruhan besar yang tak bernama, yang abadi dan sekaligus dinamis dan berubah-ubah. Hidup bergerak secara konstan dalam tarian tanpa akhir dari manifestasi dan menarik diri, kelahiran dan kematian, menciptakan dan melepaskan. Sebagai manusia, kalian adalah bagian dari tarian kreatif ini dalam bentuk kalian saat ini sebagai seorang pria atau perempuan. Pada waktu yang sama, ada inti yang ilahi dan tidak dapat dimusnahkan di dalam kalian, yang merupakan bentuk yang independen.

Bayangkan bahwa kalian, dalam tubuh kalian saat ini, terhubung dengan keseluruhan besar yang luar biasa ini. Dalam pikiran kalian, kalian tidak dapat mengerti, bagaimana dan mengapa kalian adalah bagian dari keseluruhan dan tempat mana yang kalian ambil. Namun, kalian dapat merasakannya dengan hati. Kalian tergabung dalam keseluruhan, terhubung dengan detak jantung dari kosmos, dan untuk itu kalian tidak perlu melakukan apa-apa. Itu adalah fakta. Itu adalah bagian tidak terpisahkan dari kalian yang sebenarnya.

Kalian memiliki sebuah tempat yang unik dan sebuah peran yang unik dalam keseluruhan. Temukan tempat kalian dan biarkan cahaya kalian yang bersinar membuat kalian merasa terpenuhi secara mendalam. Itu membuat kalian merasa bahagia dan penuh sukacita. Keberadaan pada spot yang unik ini dan memenuhi peran unik kalian mengaktifkan yang tertinggi dari kalian yang dapat kalian berikan. Ini adalah apa yang ingin saya bicarakan hari ini: yang tertinggi yang bisa kalian berikan.

Banyak di antara kalian merindukan untuk bergabung dengan sumber dari cahaya yang merupakan kalian pada tingkat terdalam, untuk eksis dari Sumber, untuk memberi dan untuk bersinar dalam dunia ini. Rasakanlah Sumber dari dalam ke luar, karena itu mengalir melalui seluruh sel-sel kalian. Itu terhubung dengan segala sesuatu dalam kalian, meskipun kalian tidak dapat melihatnya. Tolong rasakan itu…rasakan arus kehidupan yang menyangga kalian. Hidup mengetahui tempat mana yang dimaksud bagi kalian dan peran mana yang merupakan milik kalian. Rasakan keinginan kalian untuk membumikan yang tertinggi dari kalian, malaikat cahaya yang adalah kalian sebenarnya, terlepas dari ruang dan waktu. Kalian ada di sini untuk sementara, dalam tubuh ini, sehingga kalian dapat membawa cahaya yang adalah kalian adanya ke tempat ini. Bumi adalah tempat yang kalian cintai. Rasakanlah itu. Rasakanlah bagaimana kalian terhubung dengan jantung dari bumi jauh di dalam.

Lepaskan pikiran-pikiran kalian tentang bagaimana sulitnya hidup di bumi, bagaimana kerasnya untuk berhadapan dengan aspek-aspek gelap dalam masyarakat. Terhubunglah hanya dengan bumi itu sendiri, dengan esensi dari planet. Pikirkanlah tentang hutan-hutan yang merebak di bumi, lautan dan langit yang membentang. Pikirkan tentang kekayaan hewan-hewan, pohon-pohon, tanaman-tanaman dan bunga-bunga. Terhubunglah dengan bumi…dan rasakan bagaimana ia menjadi bagian dalam keseluruhan kosmos, di mana di dalamnya ia mengambil jalurnya sendiri.
Di sana ada tempat bagi kalian, di sini dan sekarang. Percayalah pada diri kalian sendiri; ketahuilah bahwa kalian terhubung dengan keseluruhan dan di sana ada sebuah jalur yang memimpin kalian untuk memanifestasikan diri kalian yang tertinggi.

Bagaimana kalian menemukan jalur ini? Dan bagaimana kalian mengetahui apakah kalian mengembangkan dan memanifestasikan diri kalian yang tertinggi? Saya akan menyebutkan tiga aspek dengan apa kalian bisa mengenali apakah kalian sedang ‘memberikan yang tertinggi dari kalian’.

Yang Tertinggi yang Bisa Kalian Berikan adalah Keunikan

Aspek pertama adalah bahwa yang tertinggi dari kalian, yang tertinggi yang dapat kalian berikan kepada bumi adalah keunikan kalian. Kontribusi kalian adalah sebuah kombinasi unik dari sifat-sifat dan kualitas-kualitas, dengan vibrasi dan pancarannya sendiri. Pada intinya, kalian sedang memberikan diri kalian sendiri. Yang tertinggi yang bisa kamu berikan adalah kamu! Apa yang membedakan kamu bukan apa yang telah kamu pelajari dari yang lain, seperti misalnya keterampilan atau pengetahuan tertentu. Yang tertinggi yang bisa kamu berikan tidak datang dari luar dirimu. Tidak, kamu adalah jalur menentukan dari untaian.

Tentu saja kamu telah meraih pengetahuan dan informasi dari orang lain, dari buku-buku dan melalui pendidikan. Tentu saja kamu terbentuk oleh budaya dan caramu menjadi dewasa. Namun, kamu telah mengintegrasikan pengaruh-pengaruh ini ke dalam sifat alamimu dalam caramu sendiri. Karena segala sesuatu yang telah kamu jalani dalam hidupmu – dalam masa kehidupan ini dan masa-masa kehidupan sebelumnya -, kamu memiliki sebuah karisma yang unik. Kamu memancarkan cahayamu dalam hidup dengan caramu. Orang-orang tertarik pada cahaya yang unik ini. Itu adalah cahaya yang bersinar dari tempatmu di bumi; itu adalah cahaya yang membuatmu bersinar.

Cahayamu yang unik adalah campuran dari kualitas-kualitas duniawi dan surgawi. Dalam kehidupan ini, kamu adalah seorang pria atau seorang perempuan, yang telah melewati masa menjadi dewasa dan pendidikan tertentu. Kamu terbentuk oleh pandangan dunia dari masyarakat tempat kamu hidup. Ini bagus dan demikian adanya, karena formasi ini telah membantumu mencapai pengetahuan mendalam tentang kehidupan manusia. Karena kamu telah melalui semua pengalaman yang berat ini, kamu telah memiliki pandangan yang dalam tentang bagaimana itu rasanya dan naik turun emosional yang mungkin kamu alami sebagai seorang manusia di bumi. Melalui perjalananmu sendiri dalam mengeksplorasi, melalui kegelapan dan cahaya, kamu telah menjalani sebuah jalur unik. Meskipun demikian, apa yang harus kamu berikan kepada yang lain juga sebuah gabungan kualitas-kualitas yang unik.

Jagalah selalu individualitasmu dalam bidang kreativitas dan pekerjaan! Bukan masalah apa yang kamu lakukan, apakah sebagai pembuat roti, guru, seniman atau terapis spiritual, memberikan yang tertinggi darimu berarti kamu menyampaikan ekspresi individualitasmu dan membaginya dengan seluruh dunia. Dunia tidak lengkap tanpa dirimu. Alam semesta sedang menunggu kontribusimu dibanding fotokopi atau reproduksi yang telah kamu buat dari kontribusi orang lain. Alam semesta (universe) ingin untuk menyemangatimu, untuk membiarkan energimu yang unik mengalir. Jadi, mewujudkan dirimu yang tertinggi berarti menjadi dirimu sendiri dan mengekspresikan individualitasmu.

Memberi yang tertinggi darimu adalah menerima yang tertinggi bagimu

Aspek kedua adalah untuk memberi yang tertinggi darimu selalu berisi bahwa kamu menerima yang tertinggi untuk dirimu. Kedua arus ini pada kenyataannya terkait tidak terpisahkan satu sama lain.

Bila kamu membiarkan cahaya unikmu bersinar, membuka hatimu dan memberi dari hatimu, kamu mengalami kepuasan dan keterpenuhan yang mendalam. Kamu mengijinkan dirimu sendiri untuk menjadi dirimu sendiri sepenuhnya, untuk memancarkan cahayamu tanpa menahannya. Kamu merasa itu benar, alami dan jujur. Jika kamu memberikan dirimu sendiri secara begitu terbuka dan bebas, kamu menerima sesuatu sangat istimewa pada waktu yang sama. Hadiah terbesar yang kamu terima adalah di mana kamu pulang ke rumah. Pada saat kamu benar-benar menjadi dirimu sendiri, kamu secara alami bersatu dengan keseluruhan yang lebih besar, dengan Tuhan. Kamu ada di rumah denganmu dan dengan alam semesta pada saat yang sama. Tidak ada penghakiman terhadap dirimu sendiri atau terhadap lainnya. Tidak ada lagi penghakiman yang memisahkan. Kamu adalah Keesaan.

Dengan berani jujur kepada dirimu sendiri dan mengekspresikan dirimu yang tertinggi ke dunia luar, kamu menarik hal-hal yang baik ke dalam hidupmu. Kebutuhan-kebutuhan material dan orang-orang yang tepat bagimu akan muncul secara otomatis. Alam semesta akan mendukung dan menutrisimu. Ia akan menawarkanmu situasi-situasi yang tepat untuk memanifestasikan energi jiwamu.

Dalam cara ini, arus memberi dijawab dengan arus menerima, yang memenuhi dan memperkaya dirimu dalam semua bidang kehidupan. Pada tingkat terdalam, kamu telah memberi dirimu sendiri semua ini dengan memiliki keberanian untuk membiarkan cahayamu sendiri bersinar. Hidup akan mengatakan ya kepadamu dengan sepenuh hati jika kamu mengatakan ya kepada hidup tanpa menahan apapun.

Seluruh penciptaan, di mana kita semua memiliki peran yang kita mainkan, ibaratnya sebuah puzzle luar biasa besar dan masing-masing dari kita mewakili sepotong puzzle. Puzzle itu tidak akan lengkap tanpa dirimu. Pada saat potongan puzzle yang merupakan dirimu diletakkan dalam tempat yang tepat, kamu memberi kontribusi sesuatu bagi puzzle yang tidak seorang pun lainnya dapat menambahkan itu. Dalam momentum tersebut, kamu juga menerima sesuatu yang sangat berharga: kamu pulang ke rumah. Kamu merasa bahwa kamu ada dalam harmoni dengan keseluruhan yang lebih besar, di mana hidup sedang mendukungmu dan kamu merasa aman. Kamu tahu kamu membuat kontribusi esensial dan kamu merasa diterima oleh keseluruhan dengan sukacita dan penghargaan. Untuk memberi yang tertinggi darimu adalah untuk mengatakan ya kepada dirimu sendiri dalam cara yang amat mendalam dan mengijinkan dirimu sendiri untuk menerima segala sesuatu yang kamu perlukan untuk berkembang dan bersinar.

Untuk memberi yang tertinggi darimu sebetulnya berarti bahwa kamu tidak terpisah lagi dari keseluruhan. Kamu bukan sebuah ego, bukan individu yang terpisah pada saat itu. Pertanyaan ‘bagaimana menyeimbangkan kedua arus dari memberi dan menerima’ pada kenyataannya menghilang dalam kondisi keberadaan semacam itu. Keseimbangan menjadi terjaga secara otomatis; itu terjadi secara alami. Jika kamu mengekspresikan dirimu sendiri dari bagian yang paling jujur darimu dan membiarkan cahayamu bersinar, kamu adalah cahaya dan menerima itu pada saat yang sama. Ini adalah mengalami keesaan yang kalian semua rindukan.
Sekarang kamu mungkin bertanya kepada dirimu sendiri: bagaimana saya melakukan ini? Bagaimana saya dapat bergabung dengan yang tertinggi dari saya, hadiah saya yang unik, cahaya saya yang sejati? Ini membawa saya pada aspek ketiga yang ingin saya sebutkan tentang memberi yang tertinggi darimu.

Kamu memberi yang tertinggi darimu jika kamu mampu berhubungan dengan yang terendah darimu

Kamu memberi yang tertinggi darimu jika kamu terbuka dan bersedia berhubungan dengan yang terendah darimu. Dengan yang terendah maksud saya ketakutan, keraguan dan depresi, singkatnya, kegelapan yang ada dalam jiwamu sebagai hasil dari pengalaman-pengalaman menyakitkan yang belum terselesaikan.

Yang tertinggi darimu sendiri akan bersinar pada saat kamu menyambut bagian yang tergelap darimu. Ketika kamu mengundang yang terendah darimu untuk memasuki kesadaranmu, kamu membiarkan cahayamu bersinar tanpa penghakiman terhadap bagian-bagian dari jiwamu yang telah merasa ditolak dan disingkirkan. Ini adalah bagian darimu yang menjadi marah, sedih, penuh kepahitan dan kesepian akibat pengalaman-pengalaman menyakitkan. Tolong milikilah kasih sayang untuk bagian darimu ini yang hidup dalam kegelapan dan mencari solusi untuk keluar dari kegelapan, yang bahkan sering membawamu lebih jauh dari cahaya.

Dalam kegelapan, kamu mengembangkan mekanisme bertahan hidup yang menahanmu dari merasakan apa yang sebenarnya terjadi dalam batinmu; ketakutan, keputusasaan, depresi dan kesepian. Kamu membalikkan dirimu dari mereka. Pada kenyataannya, kamu sering diajar untuk bertindak demikian oleh dunia di sekitarmu. ‘Berputarlah pergi dari emosi-emosi negatif. Jadilah positif. Lakukan yang terbaik. Jadilah berguna.’ Peringatan-peringatan dan perintah semacam ini menciptakan ketakutan di dalam dirimu terhadap kegelapanmu sendiri dan mereka membuatmu menjadi asing dari perasaan-perasaanmu yang terdalam.

Kamu semua memiliki keinginan mendalam untuk cahaya, untuk kebebasan tanpa ikatan dalam berserah pada siapa kamu yang sebenarnya. Tolong sadari bahwa kamu menyalakan cahaya terbesar dalam dirimu jika kamu bersedia untuk menggapai ke luar ke bagian-bagian tergelap dan paling ditolak darimu.
Saya mengundangmu untuk melakukan itu sekarang, pada saat ini. Tolong amati dan lihatlah apakah di sana ada emosi atau pikiran negatif dalam dirimu yang menunjukkan dirinya secara konstan dan memerlukan perhatianmu. Pertama-tama sadarilah bahwa emosi atau pikiran gelap ini adalah bagian menjadi manusia. Bayangkah bahwa bagian gelap dalam dirimu ini adalah seorang anak yang telah ditolak. Kamu mungkin menemukannya bersembunyi di sebuah pojok. Apakah anak itu laki-laki atau perempuan?

Coba perhatikan dan lihatlah apakah kamu dapat menemukan dia, apakah kamu dapat melakukan kontak dengan anak itu. Mulailah dengan kontak mata dan kemudian ulurkanlah tanganmu secara hati-hati. Pandanglah anak itu secara lembut dan lihatlah bagaimana ia sudah berjuang berat untuk bertahan hidup. Anak ini memiliki sukacita dan gairah untuk hidup. Namun, dia sudah harus menelan begitu banyak sehingga kekuatan sukacita dan gairahnya terdistorsi. Energi asli dari anak ini terjebak dalam semua bentuk topeng dan mekanisme bertahan hidup, di mana dengan itu kekuatan hidupnya mulai berbalik menyerang dirinya sendiri. Tapi sekarang, anak itu diijinkan untuk menjadi dia yang sebenarnya. Tolong ulurkan tanganmu dan biarkan cahayamu bersinar. Sambutlah anak itu dengan matamu.

Biarkan anak itu mendekat kepadamu, dalam temponya sendiri. Tunggulah dengan sabar, peluklah anak itu dan dekaplah dia ke hatimu. Apa yang membuat anak itu rileks dan menjadi tenang adalah karena dilihat dan dihibur olehmu. Perhatikanlah bagaimana kamu bersinar dengan kehangatan, cinta dan pengertian jika kamu menjalin kontak dengan anak yang tidak berdaya dan menderita ini. Mengundang bagian tergelap untuk masuk, menyambutnya dan membawanya pulang, berarti menjemput bagian paling terang darimu. Kamu mengerti bagaimana perasaan anak ini. Pengertian ini menyembuhkan. Anak dalam kegelapan mewakili bagian darimu yang telah membawa banyak rasa sakit tanpa mampu mengerti mengapa. Dengan mengelilingi rasa sakit ini dengan pengertian dan kasih sayang, kamu memancarkan cahayamu terhadap area-area yang pernah menjadi sumber emosi-emosi dan pikiran-pikiran negatif. Pada saat kamu memeluk anak yang menderita dalam dirimu, kamu menjadi seorang manusia malaikat. Kamu membawa cahaya ke dalam kegelapan, yang secara tepat adalah apa yang dibutuhkan umat manusia saat ini.

Umat manusia tidak memerlukan orang suci atau guru yang mengajar dari panggung atau podium, tapi orang-orang nyata dari daging dan darah yang telah mengalami kegelapan dan cahaya dalam dirinya sendiri dan mampu memeluk keduanya tanpa penghakiman. Kamu menjadi seorang manusia malaikat pada saat kamu berani menghadapi dan menerima kegelapanmu sendiri. Ini akan membuat cahayamu murni dan penuh kekuatan. Hidup akan membantumu. Kamu akan tertarik pada peluang-peluang dan tempat-tempat di mana kamu dapat mencapai dirimu sendiri yang tertinggi dalam cara yang mudah dan alami. Kamu tidak perlu bekerja untuk itu. Kamu tidak perlu menjadi orang lain, karena vibrasi dan energimu sendiri yang unik yang menginspirasi orang lain dan membawa sukacita bagi mereka. Itu adalah kamu! Kamu mewakili cinta dari Tuhan dalam caramu yang unik, karena kamu bersedia dan mampu menghadapi dan memeluk kegelapanmu sendiri dengan pengertian. Orang-orang mengalami keterbukaan, kelembutan dan inspirasi dalam keberadaanmu, dalam cara bagaimana kamu mendengarkan mereka. Apapun yang kamu lakukan dalam mengekspresikan dan memanifestasikan dirimu sendiri yang tertinggi di bumi, itu akan mengundang orang-orang untuk bersinar lewat diri mereka sendiri dan percaya dalam kekuatan dan bakat mereka sendiri yang unik. Untuk memberi yang tertinggi dari dirimu membuat orang lain berani untuk melakukan hal yang sama.

© Pamela Kribbe 2010
Penerjemah: Dyan Andriana Kostermans

http://www.jeshua.net/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s