Jalan dari Lightworker

forest-700892_640

Jalan dari Lightworker

Pamela menjadi channel (perantara) Yeshua

Teman-teman sayang,
Saya Yeshua. Saya menyapa kalian semua hari ini dan saya terhubung erat dengan kalian dari hati saya. Kita terhubung secara mendalam dan di sana ada sebuah tingkat dimana kita adalah satu. Satu, kesadaran yang tidak terpisah yang menyatukan kita dapat dirasakan sebagai energi kebebasan, kreativitas, kebaikan dan sukacita. Ini adalah asal asli dan rumah kalian. Kalian sekarang telah termanifestasi dalam bentuk tubuh, terlokasi dalam waktu dan ruang, tapi ada hal yang begitu lebih dari siapa kalian sebenarnya. Saya sekarang meminta kalian untuk merasakan kesadaran yang amat besar dan tidak terbatas yang mana kalian merupakan bagian dari itu. Rasakan Tuhan di dalamnya dan rasakan bagaimana energi ini terasa mudah. Tuhan tidak berada pada puncak sejumlah hirarki dan melihat ke bawah kepada kalian. Tuhan adalah arus dari energi yang mengalir melalui apapun: melalui kalian, melalui semua makhluk hidup di Bumi dan bahkan melalui hal-hal yang tampaknya tidak hidup dalam lingkungan materi kalian. Tuhan ada di mana-mana.

Tuhan tidak dibatasi oleh bentuk. Allah adalah kesadaran yang murni, yang tercipta, terhubung dengan bentuk-bentuk materi dalam waktu dan ruang, untuk mengalami hidup dalam berbagai macam cara. Sekarang rasakan, siapa kalian dalam arus ilahi yang amat besar ini: sebuah percikan kecil cahaya dalam sebuah samudra kesadaran yang hidup, tapi sepercik cahaya yang tidak dapat dimusnahkan yang menawarkan kontribusi unik bagi keseluruhan. Rasakan kekuatan yang tidak dapat dihancurkan dalam kalian, ia ada di sana selamanya. Kalian adalah bagian dari Tuhan.

Kesadaran kalian adalah kreativitas ilahi. Kalian memilih jalan hidup kalian dan pengalaman-pengalaman kalian. Juga meskipun hal itu sering tidak tampak demikian bagi kalian sebagai manusia, jauh dalam diri kalian adalah sebuah kekuatan kreatif, yang merancang lebih dulu kejadian-kejadian penting dalam hidup kalian dan menarik pengalaman-pengalaman yang tepat yang ingin kalian tempuh dengan tujuan untuk tumbuh dan berkembang. Pada dasarnya, kalian tidak pernah menjadi korban dunia ini. Dalam inti siapa kalian sebenarnya, kalian tidak pernah benar-benar tidak berdaya atau hancur. Karena di inti tersebut percikan dari Tuhan yang mengatakan “ya” terhadap pengalaman-pengalaman yang kalian lalui selama berada dalam bentuk tubuh, dan yang tahu bahwa kalian mampu belajar dari itu sehingga kesadaran kalian menjadi lebih luas dan lebih penuh empati.

Peluklah kekuatan kreativitas dalam kalian ini, yang telah menarik kepada kalian kehidupan yang sekarang kalian alami. Peluklah hidup kalian dengan semua naik dan turunnya. Kalian memiliki kekuatan untuk menjalani hidup itu dengan baik. Pemenuhan terbesar akan kalian temukan, jika kalian ingat siapa kalian sebenarnya sementara kalian berada dalam bentuk, terperangkap dalam tuntutan-tuntutan dan tantangan-tantangan kehidupan di Bumi. Mengingat siapa kalian sebenarnya mengijinkan percikan cahaya ilahi berhubungan secara penuh dengan diri manusia kalian. Berserah pada percikan cahaya yang tidak terbatas, cahaya kreatif dalam batin kalian akan mengubah hidup kalian dan itu juga akan mengubah kehidupan orang lain.

Kalian yang sedang membaca kalimat-kalimat ini, dan kalian yang merasa tertarik oleh energi Kristus, adalah orang-orang yang merindukan untuk memancarkan cahaya batin kalian ke dunia. Kalian rindu untuk mewujudkannya sebagai lightworker, yang berarti bahwa kalian merasakan keinginan mendalam menyebarkan cahaya dan mengembangkan kesadaran di Bumi. Keinginan kalian murni dan nyata; Kehendak itu datang dari inti siapa kalian sebenarnya, dari jiwa kalian. Percikan cahaya keilahian dalam kalian itulah membawa kalian kepada keinginan mendalam ini, karena hal yang alami bagi Tuhan untuk membagi kegembiraan, cahaya dan kehangatan hati. Kapanpun jika kalian merasa bahagia dalam mengekspresikan siapa kalian sebenarnya, kalian juga merasakan kegembiraan Tuhan, karena kalian dan Tuhan adalah Satu dalam hati!
Kalian sering bertanya-tanya apa sebetulnya yang dimaksud dengan kerja cahaya (light work). Apa artinya menyebar cahaya, atau menawarkan penyembuhan bagi orang lain? Inilah pertanyaan yang sekarang ingin saya bahas hari ini.

Pertama-tama, kita perlu memperhatikan lebih jelas hubungan yang terjadi ketika yang satu membantu yang lain. Saya ingin meminta perhatian kalian terhadap pembedaan yang aneh, yang lazim terjadi dalam masyarakat kalian, antara sakit dan sehat, atau antara utuh dan hancur. Jika kalian pergi ke dokter dengan suatu masalah medis, maka kalian seorang “penderita sakit yang memerlukan perawatan.” Dokter-dokter dipandang mengetahui sesuatu yang tidak kalian ketahui. Mereka adalah pakar dan kalian mudah memiliki perasaan bahwa kesehatan kalian terletak di tangan mereka. Hal ini tidak jauh berbeda dalam masalah-masalah psikis atau emosional. Jika orang mencari terapis, psikolog atau penyembuh, mereka secara diam-diam berasumsi bahwa pakar-pakar ini memiliki sejumlah pengetahuan atau keahlian superior yang dapat membantu mereka menyelesaikan masalah-masalahnya. Dengan cara dimana hubungan antara pasien dan dokter, atau antara klien dan terapis didefinisikan, sesuatu terjadi terhadap persepsi tentang diri sendiri dari kedua pihak yang terlibat.

Dengan menetapkan hubungan ini dalam konteks dimana yang satu lebih tahu dan kompeten dibanding yang lain, sudah menimbulkan kesan bahwa klien memerlukan terapis/penyembuh/dokter untuk memperoleh sesuatu yang kurang pada dirinya sendiri dan tidak dapat diberikan oleh dirinya sendiri. Sang terapis diasumsikan pada posisi seolah ia utuh dan sehat, menawarkan cahaya dan penyembuhan kepada seseorang yang sakit dan/atau hancur. Dari cara pandang semacam ini, sang terapis atau penyembuh berada pada posisi di atas pasien, dan memberikan sesuatu kepada seseorang yang kekurangan pengetahuan atau kemampuan ini.

Dari perspektif spiritual, cara pandang semacam ini salah dan terdistorsi. Perspektif ini menempatkan kalian pada awal titik awal yang salah. Bagaimanapun, hal ini tertanam secara mendalam pada masyarakat kalian, baik dalam kesehatan fisik maupun mental. Coba lihat, bagaimana mudah merasa lebih kecil dibanding orang yang kalian cari untuk mendapat nasihat medis atau spiritual. Kalian adalah orang yang memiliki masalah; mereka adalah orang yang memiliki solusi untuk itu. Ini adalah jebakan umum bagi orang yang membantu orang lain sehari-hari, untuk mengidentifikasi diri begitu besar dengan peran mereka sebagai penolong, dimana mereka tidak dapat melepaskan peran ini. Mereka mendefinisikan diri mereka sendiri berdasarkan hal itu dan ini membuat mereka tergantung pada klien-klien atau pasien-pasien mereka, seperti juga kebalikannya. Klien dapat merasa mereka membutuhkan penolong untuk menyembuhkan mereka, tapi penolong juga membutuhkan klien untuk mempertahankan citra mereka sebagai penolong: yang berpengetahuan lebih banyak, orang yang lebih besar yang ingin membagi kemampuan mereka dengan orang yang membutuhkan. Sekarang menjadi mudah untuk mengembangkan hubungan-hubungan yang tidak seimbang, yang berlandaskan pada kekuasaan dan ketergantungan.

Kerja cahaya adalah sesuatu yang sangat berbeda. Untuk mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan kerja cahaya atau penyembuhan spiritual, kalian perlu melepaskan imej/citra tradisional “terapis menolong klien” atau “dokter menangani pasien”. Kalian perlu melepaskan gagasan bahwa membantu adalah tentang memberi sesuatu bagi orang lain. Pengertian utama bahwa orang lain kurang sesuatu sudah memicu kontraindikasi bagi proses kesembuhan mereka. Hal yang sebenarnya, satu-satunya cara untuk membantu seseorang adalah untuk membuat mereka sadar akan kekuatan mereka sendiri dan kemampuan untuk menyembuhkan diri mereka sendiri. Itu adalah tanda dari guru yang baik, dimana mereka membuat diri mereka sendiri kecil dibanding besar. Guru yang sejati mengundang kalian untuk mengembalikan kekuatan batin kalian dan mereka tidak beranggapan bahwa kalian kecil, tidak berdaya dan tergantung pada orang lain. Guru yang sejati tidak pernah menampilkan diri mereka sendiri sebagai otoritas. Mereka malu untuk melakukan itu. Pemberian sebenarnya dari seorang penyembuh adalah untuk membuat orang lain sadar akan otoritas batin mereka sendiri, menunjukkan bahwa mereka adalah secercah cahaya dari Tuhan dan memiliki semua pengetahuan yang tersedia untuk apa yang mereka perlukan.

Penyembuhan sejati amat mudah. Itu tidak memerlukan metode atau pengetahuan istimewa. Saya di sini berbicara tentang penyembuhan bagi jiwa. Tentu saja, masalah-masalah fisik perlu ditangani oleh pakar-pakar medis yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan spesifik. Penyembuhan yang berkaitan dengan jiwa, bagaimana pun adalah sangat mudah. Jika kalian pergi ke inti akar mental seperti halnya masalah-masalah fisik pada orang-orang, kalian ingin memiliki keyakinan entah bagaimana bahwa mereka tidak berdaya, tidak berharga, tidak dapat dicintai, kesepian dan gagal.
Akar penyebabnya adalah bahwa orang merasa terputus hubungan dari keberadaan sejati mereka, secercah cahaya ilahi yang merupakan mereka sesungguhnya. Untuk menawarkan penyembuhan bagi orang lain adalah dengan membuka ingatan mereka akan Rumah, untuk mengingatkan mereka akan keindahan, kekuatan dan kepolosan mereka yang sempurna.

Bagaimana kalian melakukan ini? Pertama-tama, tidak ada metode atau pengobatan yang pasti. Tidak ada sebuah prosedur mekanik. Itu adalah suatu transmisi energi yang dapat terjadi dalam berbagai-macam cara. Saya akan kembali pada hal ini. Kedua, tidak ada orang menjadi sembuh kecuali mereka memutuskan untuk membuka diri pada kesembuhan. Kalian tidak dapat memaksakan penyembuhan terhadap siapapun. Itu adalah keputusan mereka. Pada kenyataannya, kesembuhan nyata adalah suatu keajaiban: itu adalah lahirnya sebuah kesadaran baru dalam jiwa. Itu adalah ciptaan mereka dan tidak dapat diprediksi sebelumnya. Dalam kehidupan setiap orang, ada saat-saat dimana kalian menghadapi pilihan antara gelap dan terang. Kegelapan terwakili dalam menghakimi diri sendiri, membenci diri sendiri, berpikiran negatif dan ketakutan. Cahaya terwakili dengan membuka pada kebaikan, memaafkan, kegembiraan dan berkelimpahan yang benar-benar merupakan tanda keilahian. Terserah pada kalian untuk memilih. Bahkan jika malaikat paling indah memanggil kalian untuk melepaskan masa lalu dan memasuki kerajaan Tuhan, yang berarti bersatu lagi dengan percikan Cahaya yang merupakan kalian sebenarnya, keputusannya terserah pada kalian. Jika kalian masih tenggelam dalam gambar-gambar sangat negatif tentang diri kalian atau orang lain, jika kalian berada dalam perbudakan sendiri akan ketakutan dan kemarahan, kalian bahkan tidak dapat mengetahui hadirnya malaikat. Pada kenyataannya, malaikat penyembuh selalu berada dekat kalian. Itu adalah diri lebih tinggi atau kebenaran kalian sendiri, keilahian kalian mencoba mengingatkan kalian akan siapa kalian sebenarnya. Kadang-kadang dalam hidup kalian, kalian bertemu dengan orang yang memainkan peran malaikat penyembuh untuk sesaat. Dengan cara mereka mendengarkan kalian atau berbicara dengan kalian, secercah dari kebenaran kalian tiba-tiba memasuki kesadaran kalian dan kalian merasakan kegembiraan dan terinspirasi setelah berada bersama mereka. Ini dapat menginspirasi kalian untuk memilih cahaya, untuk mengambil keputusan dalam hidup kalian yang melayani diri kalian yang lebih tinggi, kehendak hati dan cinta kalian yang sebenarnya akan hidup. Kehadiran dari malaikat dapat berfungsi sebagai pengingat, dan itu mungkin menjadi kunci untuk mengubah hidup kalian, tapi meskipun demikian, itu adalah keputusan kalian untuk mempercayai dan mengayunkan langkah keberanian. Hanya kalian yang dapat menyebabkan terjadinya keajaiban!

Kalian mungkin telah bertemu malaikat-malaikat penyembuh dalam hidup kalian dan kalian mungkin pernah menjadi malaikat penyembuh bagi orang lain dalam beberapa peristiwa, bahkan bila kalian tidak mengetahuinya. Maksud saya di sini adalah bahwa inilah apa yang menyangkut kerja cahaya (light work). Itu bukan menyangkut menyembuhkan atau memperbaiki orang, itu bukan menyangkut menawarkan solusi-solusi bagi masalah-masalah mereka. Itu bukan menyangkut mengajari mereka keterampilan-keterampilan tertentu, atau pengetahuan atau aturan-aturan etika. Semua dari tindakan ini mengibaratkan bahwa mereka kekurangan sesuatu, dimana mereka kecil dan tidak berdaya. Penyembuhan spiritual membalikkan gambaran ini. Apa yang kalian tawarkan kepada orang lain jika kalian bermaksud menawarkan penyembuhan spiritual adalah benar-benar sebuah perubahan sudut pandang. Dibanding memfokuskan pada masalah-masalah mereka, isu-isu mereka dan perasaan-perasaan ketidakberdayaan mereka, kalian berfokus pada esensi mereka, keutuhan mereka, keindahan cahaya mereka. Jika ada sesuatu yang diberikan oleh penyembuh spiritual, hal itu adalah karunia dari visi sejati. Jika kalian mampu melihat di balik rasa sakit, kemarahan, ketakutan dan sikap menghancurkan diri sendiri seseorang, dan melihat malaikat cahaya pada wajahnya, kalian menawarkan mereka sesuatu yang sangat berharga. Dengan melihat esensi sejati mereka, kalian berbisik dengan lembut kepadanya dan memanggilnya untuk maju ke depan. Melihat kekuatan sejati dan cahaya batin orang lain, bahkan jika mereka tidak menunjukkannya di permukaan, ibaratnya memanggil seseorang dengan nama sejatinya. Tidak ada yang lebih penuh kekuatan dibanding dipanggil dengan nama kalian yang sebenarnya.

Apa yang saya lakukan ketika saya menunjukkan apa yang disebut penyembuhan mujizat dalam kehidupan saya di bumi sebagai Yesus, adalah dimana saya berhubungan dengan esensi keilahian seseorang. Dengan melihat dan merasakan percikan keilahian dalam diri seseorang, hal itu menjadi bangkit dan esensi keilahian itulah yang menunjukkan penyembuhan, bukan saya. Adalah ingatan kembali akan mereka sendirilah yang memperbaiki kesehatan mental bahkan kesehatan fisik mereka. Tidak selalu pertemuan semacam itu menghasilkan penyembuhan, karena itu selalu tergantung apakah orang lain memutuskan untuk membuka diri pada penyembuhan. Keajaiban ada di atas mereka, dan penting untuk mengingat hal ini kapanpun kalian bekerja dengan orang untuk tujuan penyembuhan spiritual.

Semua penyembuhan spiritual datang dari dalam batin. Kalian tidak menyembuhan seseorang sebagai seorang lightworker (pekerja cahaya). Kalian menciptakan ruang keterbukaan, untuk ada tanpa menghakimi, yang mengundang orang lain untuk melihat pada dirinya sendiri dengan keterbukaan dan kasih sayang. Dibanding mencoba menyelesaikan masalah-masalah di luar, kalian berhubungan dengan jiwa orang lain dan kalian memegang visi kepercayaan dan kejelasan bagi mereka. Ini adalah cara dari lightworker. Kalian mencoba untuk mengembalikan kepada orang lain kebesaran mereka, ketimbang berfokus pada kekecilan mereka. Bekerja dengan seseorang di tingkat jiwa berarti bahwa kalian menunjukkan kepada mereka tanggungjawab mereka akan hidup mereka sendiri. Karena kalian melakukan ini dengan rasa cinta dan tanpa menghakimi, tanggungjawab ini tidak akan terasa sebagai beban. Itu akan terasa menguatkan dan membebaskan untuk mengambil tanggungjawab. Dengan benar-benar percaya pada kekuatan penciptaan orang lain, kalian mencerminkan kembali kekuatan mereka kepada mereka melalui mata dan kata-kata kalian. Dengan berfokus pada apa yang utuh dan murni dalam mereka, kalian menguatkannya.

Kalian hanya dapat melakukan cara tersebut jika kalian benar-benar mempercayainya. Jika kalian ragu di sejumlah tingkat bahwa mereka dapat melakukannya, kalian menegaskan rasa kelemahan mereka dibanding mendorong kekuatan mereka. Kalian memiliki kekuatan paling besar sebagai penyembuh jika kalian sepenuhnya percaya pada kemampuan orang lain untuk menyelesaikan masalah-masalah mereka dan melepaskan setiap gagasan bahwa mereka tergantung pada kalian. Banyak dari kalian merasa bahwa mengembalikan tanggungjawab kepada orang lain dengan cara ini berarti meninggalkan mereka atau memberitahu mereka untuk menyelesaikan masalah oleh mereka sendiri. Bagaimanapun, untuk melepaskan semua ikatan ketergantungan tidak berarti kalian tidak ada lagi di sana bagi mereka. Kalian masih di sana, memegang iman kalian dalam kekuatan sejati dan kekuatan batin mereka, menyemangati mereka untuk melampaui batasan-batasan yang mereka ciptakan sendiri dan menjadi semua yang apa yang memungkinkan bagi mereka. Itu menjadi pilihan mereka apa yang akan dilakukan dengan ruang penyembuhan yang kalian tawarkan.
Saya tahu bahwa banyak dari kalian mengalami waktu yang amat berat melihat orang lain menderita, terutama jika mereka orang-orang yang dicintai. Tampaknya tidak mungkin untuk berhenti “menolong mereka”, membiarkan dan menempatkan energi kalian di tempat yang lain. Tapi, tolong ambil waktu sejenak dan pertimbangkan jika kalian benar-benar membantu mereka dengan memeganginya. Jika mereka tergantung pada energi kebaikan dan tunjangan kalian untuk merasa nyaman, bagaimana mereka dapat pernah menghadapi kekurangan mereka sendiri akan kebaikan dan tunjangan bagi mereka sendiri? Dari tingkat batin, kalian justru mendorong kelemahan mereka dibanding kebangkitan kekuatan batin mereka yang sejati. Ini mempengaruhi kalian berdua secara negatif.

Menjadi lightworker atau penyembuh spiritual berarti kalian mencari hubungan dengan seseorang dari jiwa ke jiwa. Di tingkat jiwa, setiap makhluk adalah sama dan tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain. Kalian semua adalah percikan dari keberadaan ilahi yang kalian sebut Tuhan. Itu tampaknya di tingkat manusia bahwa seseorang lebih memiliki pengetahuan, lebih berkembang atau bijaksana dibanding yang lain. Namun, jika kalian melihatnya dari perspektif jiwa, jenis penghakiman ini menjadi usang. Semua jiwa melakukan perjalanan melalui alam semesta yang tidak terbatas dan pergi melalui bermacam-macam siklus pengalaman dan pertumbuhan.

Itu mungkin berarti bahwa kalian menolong seseorang yang sedang menderita ketidakseimbangan emosional karena keadaan-keadaan amat sulit yang mereka hadapi dalam hidupnya. Kalian mungkin orang yang menawarkan bantuan pada saat-saat ini. Tapi kemudian, bila orang yang menderita ini sudah kembali mendapatkan kekuatannya, mereka dapat menjadi guru kalian dan menunjukkan kedalaman kebijaksanaan dan kasih sayang yang membuat kalian terkesan.

Untuk menawarkan penyembuhan spiritual atau menjadi lightworker, penting untuk selalu ingat bahwa kalian sama dengan orang lain di tingkat jiwa. Hal yang penting dimana kalian menyadari kemanusiaan kalian dan bahwa kalian benar-benar dalam perahu yang sama seperti halnya orang lain. Kalian mungkin memegang sebuah ruang cahaya dan cinta kasih bagi seseorang, tapi itu tidak membuat kalian berbeda dari mereka, dalam arti ‘menjadi lebih tinggi’ atau ‘di atas’ mereka. Jangan mengidentifikasi diri kalian sendiri dengan menjadi seorang lightworker. Jika kalian merasa tertarik untuk menolong seseorang, temukanlah kekuatan batin mereka yang sejati, ikutilah keinginan hati kalian dan lakukanlah apa yang kalian suka untuk lakukan. Kerja cahaya dapat terjadi dalam segala macam bentuk; ini tentunya tidak terbatas dalam menawarkan terapi. Secara umum, jika kalian melakukan apa yang benar-benar kalian ingin lakukan, kalian akan melihat bahwa kalian menginspirasi yang lain untuk melakukan hal yang sama. Menjadi satu dengan percikan Tuhan dalam hati kalian akan secara alami membawa kalian pada jenis pekerjaan, atau hubungan atau tempat hidup yang tepat. Hidup dari hati benar-benar sangat mudah. Itu menyangkut berhubungan dengan tujuan hati kalian, sukacita sejati kalian, dan berani bertindak sesuai itu. Melakukan hal ini akan membuat kalian sebagai lightworker dan tidak secara khusus karena kalian “membantu orang lain”. Itu karena kalian membawa lagu unik jiwa kalian ke dunia dimana kalian menginspirasi orang lain untuk juga percaya pada diri mereka sendiri dan membawa keluar hal yang terbaik dalam mereka. Cahaya secara alami bersinar ke luar. Kalian tidak perlu terfokus pada pertanyaan bagaimana menyebarkan cahaya di dunia. Jangan mencoba menjadi baik dan suka menolong. Cobalah untuk hidup sesuai dengan keunikan kalian sendiri dan keilahian alami kalian, dan dunia akan menjadi tempat yang lebih indah karenanya.

© Pamela Kribbe 2011
Penerjemah: Dyan Andriana Kostermans

http://www.jeshua.net/id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s