Heavenletter – Carilah Peran-Peran Baru Dalam Hidup

mask-2506059_640
Heavenletter #5860 via Gloria Wendroff, dipublikasikan 10 Desember 2016
Seek New Roles in Life

Terserah apa yang menimpa seseorang, kamu mencari bagian yang kamu mainkan. Setiap orang memilih perannya masing-masing.

Judul “drama queen”, kisah orang yang mendramatisir situasi diturunkan dari generasi ke generasi. Judul itu muncul entah dari mana. Dan kemudian itu berlalu, dan babak lainnya dimainkan. Biarkanlah babak lainnya berkembang.

Bagian menjadi orang yang mendramatisir situasi adalah keyakinan, bahwa peran yang dikenal baik ini ditimpakan atas dirimu, dan di mana kamu sedemikian rupa, suka atau tidak, tidak punya pilihan lain.

Kamu tidak diwajibkan untuk membuat peran ini menjadi milikmu, bahkan ketika kamu mungkin percaya kamu begitu mendalami peran ini. Sebuah peristiwa terjadi. Sebuah peristiwa, terserah seberapa dramatisnya, itu bukan bagianmu untuk terbakar dan tinggal di dalamnya. Ini bukan untuk mengatakan bahwa peristiwa dramatis tidak terjadi atau menimpa dirimu. Bisa jadi, kamu didorong masuk ke dalam drama tersebut, namun bagaimana kamu memainkan bagianmu di situ, terserah padamu.

Seberapa besar kamu melibatkan perasaanmu? Stimulus (Dorongan rangsangan) apa yang kamu tambahkan ke dalam peran itu? Sampai seberapa jauh, dan untuk berapa lama kamu melibatkan dirimu sendiri dalam peran ini?

Tidak seorang pun mengatakan bahwa peristiwa yang tak diharapkan tidak menimpa dirimu. Apapun peristiwa tak diharapkan yang menjangkaumu, kamu adalah pengirim-otomatis. Kamu mengirim keluar, sepertinya itu respon penolakan otomatis. Tentu saja, apa yang terjadi mempengaruhimu. Untuk seberapa jauh kamu membawanya? Untuk berapa lama, dan sampai setingkat mana kamu mengeluhkan apa yang telah terjadi?

Jangan berpikir sekejap pun bahwa Saya menyarankan agar kamu menjadi tabah. Bukan untukmu bersikap seolah-olah kamu tidak patah hati jika kamu patah hati. Menangislah sepenuh hatimu jika kamu harus melakukannya.

Kita sedang berbicara tentang drama yang ditambah-tambah. Apakah drama mengurangi penderitaanmu? Dan kapan kamu kembali ke kehidupanmu sebagai hidup yang adalah untuk dijalani? Kapan kamu mengurangi masa hukumanmu dan memberi dirimu sendiri cuti dari bersedih? Untuk berapa lama kamu mencerminkan wajah berkabung, dan untuk berapa lama dan seberapa banyak kamu diliputi kesedihan?

Orang-orang yang dikasihi, jika hal yang paling buruk terjadi, itu telah terjadi. Kalian telah mengalami drama yang mendalam lebih dari sekali.

Jika kalian tiba pada hanya satu kesimpulan, kalian akan bisa menghindar secara dramatis dari halaman-halaman naskah.

Orang-Orang Sayang, betapa baik Saya mengenal kesedihanmu, namun kesedihan bukanlah kentang panas yang harus dipegang. Terlepas seberapa dalam dan tidak pantasnya kepedihan hatimu, kamu tidak harus memainkan peran dari orang yang berduka sedemikian baik. Memainkannya dengan baik dapat membawa kalian sampai batas terakhir. Lakukan lebih dulu daripada belakangan, di mana kalian kembali ke Sukacita dari Hidup. Buatlah sebuah comeback. Kalian bukanlah aktris pada layar. Kalian tidak harus meraih piala Oscar.

Orang-orang yang dikasihi, ada lebih dari satu peran yang bisa kalian mainkan dan dapat kalian mainkan dengan baik. Kalian dapat mengubah kostum-kostum. Orang yang berkabung sedemikian baik seperti kalian dapat juga tersenyum. Hal yang benar-benar oke untuk memberi rasa syok dan berkabung kalian waktu yang singkat. Bukan untuk kalian menjadi loyal sepanjang hidup kepada kesedihan. Kesedihan kalian bukanlah film yang akan digelar.

Dan kamu bukanlah pemeran dalam panggung sandiwara. Kamu tidak mencari untuk menjadi seorang bintang. Dalam sakit hatimu, tentu saja itu rasanya bagimu tidak ada orang lain yang pernah menderita seperti dirimu. Kamu adalah satu dalam ribuan pemeran. Adalah oke untuk memainkan peran pendamping.

Kemudian carilah peran lain untuk dimasuki. Kembalilah ke sedikit kesenangan Hidup. Kamu bukanlah peran utama dalam tragedi. Kamu dapat bangkit dari kesedihan. Kamu dapat kembali kepada hidup juga meskipun hatimu sakit. Kamu dapat meneruskan dengan hidupmu. Kamu dapat memetik bunga-bunga.

Hati mengalami kesembuhan, dan ini adalah hal yang bagus. Senanglah dengan menyembuhnya hatimu. Kamu memiliki sebuah peran baru dalam hidup sekarang. Lihatlah apa peran itu. Sambutlah.

 

Diterjemahkan kosmosindo dari sumber http://heavenletters.org/seek-new-roles-in-life.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s