Categories
Allgemein Bumi Baru Spiritual

Apa Sebenarnya Tujuan dan Manfaat Meditasi

Orang-Orang sayang,

tujuan meditasi adalah menenangkan pikiran. Terutama jika mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, yang mengecewakan, emosi dan pikiran kita menjadi terpicu=mendapat trigger. Apa yang biasanya terjadi adalah pikiran kita langsung aktif merespons dengan skenario hal-hal “buruk” yang “mungkin dapat timbul.”

Pikiran yang satu disambung dengan pikiran lainnya, bahkan sering kali ditambah pikiran buruk dari pengalaman sebelumnya… Hasilnya: perasaan menjadi tidak tenang, menjadi khawatir, emosi jiwa terganggu, tidak bisa tidur, tidak bisa melepaskan atau bahkan dihantui pikiran-pikiran buruk. Dengan kata lain, sulit menghentikan pikiran buruk dan suasana hati yang tidak menentu.

Dalam kondisi itulah meditasi sangat membantu, karena meditasi bertujuan menghentikan pikiran-pikiran yang seolah tiada hentinya untuk, katakanlah, 15 menit. Mengambil waktu 15 menit untuk menghentikan pikiran yang sepertinya berceloteh tiada henti di otak kita – dengan berkonsentrasi pada tarikan dan hembusan napas kita, atau mendengarkan musik meditasi atau mendengarkan suara air yang mengalir konstant – sudah membantu menenangkan pikiran. Karena dalam 15 menit bermeditasi itu “celoteh skenario buruk di otak”, kita bawa untuk diam, alias kita hentikan dengan bermeditasi. Emosi ditenangkan dan perasaan hati menjadi tenang lagi.

Mungkin setelah meditasi kita ingat lagi masalah itu, dan bisa jadi pikiran “skenario buruk” kembali berputar di otak. Tapi setidaknya, kecepatan berputarnya pikiran buruk di otak itu sudah dikurangi selama 15 menit dan tidak sekuat seperti saat sebelum meditasi. Dan bila pikiran-pikiran buruk kembali memenuhi atau bermain di otak, kembali ambil waktu 15 menit untuk menghentikan “celoteh pikiran skenario buruk di otak”, dengan bermeditasi. Selalu ingat, dalam ketenangan terletak kekuatan diri yang sejati.

Love and Light

Kosmosindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s